Selasa, 08 September 2009

Rooney Lebih Efektif Jadi Ujung Tombak

Pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, mengakui bahwa striker Wayne Rooney bermain lebih efektif ketika dipasang sebagai ujung tombak. Ia meminta agar Rooney lebih fokus menyerang dari tengah.

Musim lalu Rooney jarang main di tengah karena sering diplot menjadi pemain sayap kiri. Di timnas Inggris, peran itu kembali diterapkan pelatih Fabio Capello kepada mantan pemain Everton tersebut.

Musim ini Rooney menjadi tulang punggung MU untuk menjebol gawang lawan setelah Cristiano Ronaldo dijual ke Real Madrid. Rooney setidaknya sudah memenuhi hal itu dengan mencetak empat gol pada empat laga awal. Dua gol di antaranya dicetak ke gawang Wigan Athletic hingga MU menang 5-0.

Ferguson mengatakan, Rooney bisa mencetak gol lebih banyak lagi jika ia memang berkonsentrasi pada penyerangan dan menjebol gawang lawan. Saat ini Rooney masih sering bermain melebar, mencari bola hingga tengah dan kadang sampai belakang.

"Dia menjadi lebih ngotot dan terarah. Dia punya banyak energi yang kadang ia gunakan berlebihan ketika dia ingin menggunakan semuanya. Dia akan berlari ke tengah atau ke sayap kiri," kata Ferguson kepada majalah Inside United.

Ferguson memaklumi itu karena usia Rooney masih muda, masih 22 tahun, masih ingin menunjukkan kekuatan fisik yang sebenarnya. Namun, ada baiknya Rooney mulai bermain efektif dengan konsentrasi menjadi ujung tombak.

"Jika dia berkonsentrasi seperti yang dia lakukan lawan Wigan dan meluangkan lebih banyak waktu di area tengah dibanding posisi sayap, dia akan mendapat banyak gol. Itu pasti," saran Fergie.

Mengenai gol yang bakal dicetak Rooney, pemain senior Gary Neville bahkan sangat yakin bahwa Rooney bakal mengalahkan rekor 249 gol yang pernah dicetak Sir Bobby Charlton selama membela "Setan Merah". Kali ini Ferguson meragukan hal tersebut. Rooney harus bekerja ekstrakeras agar bisa mendekati catatan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar